Bupati Pangandaran dan Direktur Utama RSJMM, Melepas Ke-26 ODGJ Berat, untuk Dievakuasi Masal ke PKJN-RSJMM Bogor

PANGANDARAN, INFODESAKU – Bupati Pangandaran yaitu : H.Jeje Wiradinata, bersama Direktur Utama Pusat RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) yaitu : dr.Fidiansjah, melepas ke-26 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) berat untuk dilakukan evakuasi masal ke Pusat Kesehatan Jiwa Nasional (PKJN-RSJMM) Bogor.

Hal tersebut dilakukan Bupati Pangandaran saat Membuka dan Mengunjungi kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, Pemeriksaan dan Evakuasi Masal ODGJ Berat Se-Pangandaran, yang digelar di Gedung Islamic Center Cijulang yang berlokasi di Dusun Nusawiru Desa Kondangjajar Kec.Cijulang Kab.Pangandaran Jawa Barat. Selasa (02/08/2022).

Sekitar 200 peserta yang terdiri dari : Bupati, Sekda, Kesra, Dinkes, Dinsos, Puskesmas, Satpol PP, Dishub, Polisi, TKSK, Camat cijulang, Koramil, PSM, Yayasan Himatera, Keluarga, ODGJ, Direktur utama RSJMM, Petugas Pelayanan Kesehatan Jiwa RSJMM, dll, tumpah ruah memadati lokasi kegiatan, dimana 29 ODGJ berkumpul dari 10 Kecamatan, dan 15 Puskesmas se-Kab.Pangandaran.

Bupati Pangandaran yang didampingi Ibu Ida Nurlaela Wiradinata, Kepala Dinas Kesehatan yaitu : Yadi Sukmayadi, S.Kep.MM. dan Kepala Bidang P2P yaitu : Aang Syaifurrahmat, SKM., menyambut baik kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Pangandaran bersama PKJN-RSJMM,

“Kegiatan Pemeriksaan dan Evakuasi ODGJ kalo bisa dilaksanakan setiap taun, diadakan Pelatihan tenaga kesehatan jiwa dan Penyediaan obat puskesmas harus lengkap,” ujarnya.

Direktur Utama PKJN-RSJMM, yang didampingi Iyep Yudiana, SKM.MKM., sebagai Penanggung Jawab Lintas Sektor dan Integrasi Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), memandu Bupati Pangandaran meninjau langsung Proses Pemeriksaan dan Penanganan 29 ODGJ yang dilakukan oleh Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa PKJN-RSJMM yang terdiri dari Psikiater, Dokter IGD, Perawat Jiwa, Penyuluh kesehatan, dll.

Bupati Pangandaran dan Dirut PKJN-RSJMM, berinteraksi langsung dengan ODGJ dan keluarga yang sedang menjalani proses pemeriksaan.

745 ODGJ yang tercatat di Dinas Kesehatan Pangandaran, sudah mendapatkan penanganan kesehatan jiwa, dimana 85 ODGJ diantaranya mendapatkan perawatan dan pengobatan di PKJN-RSJMM melalui kegiatan Pemeriksaan dan Evakuasi Masal ODGJ Berat Se-Pangandaran.

Tim pelayanan kesehatan Jiwa RSJMM, melalui dr.Udji Priatna, Sp.KJ, sebagai Psikiater dan dr.Joan Sandra, sebagai Dokter IGD RSJMM, bersama 10 anggota tim lainnya, berhasil melakukan pemeriksaan kesehatan jiwa terhadap 29 ODGJ yang hadir, dimana 3 ODGJ dilakukan pengobatan rawat jalan dan 26 ODGJ lainya dilakukan evakuasi untuk menjalani perawatan dan pengobatan di PKJN-RSJMM yang digawa dengan menggunakan Bus Oprasional RSJMM yang dikawal ketat oleh Ambulan PSC Pangandaran serta kendaraan dari Tim Dinas Kesehatan dan Kesra Pemda Pangandaran.

 

🖐Stop Pemasungan dan Penelantaran ODGJ.

💪Sehat Jiwa.

🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

Laporan : Red/PKRS PKJN-RSJMM

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Bupati Lampung Selatan Serahkan Bantuan Kendaraan Roda Tiga kepada Penderita Disabilitas

Wakil Bupati Azwar Hadi dan ketua PMI Lampung Timur Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Desa pasar Sukadana